2 Alasan Lo Harus Nonton Kethoprak


       Yo guys jumpa lagi with Penandito. Kali ini aku ambil bahasan yang tradisional. Kita akan ngobrol tentang kethoprak. Tapi ini bukan kethoprak yang dimakan itu temen-temen. Ini bisa dibilang teater tradisional. Beberapa hari yang lalu aku dari teater arena taman budaya jawa tengah, disana aku nonton kethoprak dengan judul “Gagak Rimang Birahi”. Tapi jujur walaupun aku orang solo, aku sendiri kurang ngerti arti dari percakapannya, oleh karena itu yang aku jelasin ke kalian adalah alasan kenapa kalian aku saran-in buat nonton kethoprak.

1. Hiburan yang total secara audio maupun visual
       Mari kita bandingin sama nonton di bioskop guys. Kalau kalian nonton di gedung bioskop, disana yang kalian liat adalah layar, dimana yang ada di layar ya cuman rekaman gambar dari aktor yang main. Sedangkan kalau kalian nonton kethoprak, yang kalian liat adalah bener-bener orangnya langsung yang akting di depan kamu.
       Lalu aspek audionya, kalau kamu nonton bioskop. Yang kamu denger adalah suara dari speaker nggak langsung dari alat musiknya kan. Nah kalau kamu nonton kethoprak, musik yang mengiringi pementasan ya bener-bener di mainin di tempat itu juga guys. Jadi secara kualitas dan ke-mantap-an suara dah paling juara deh. Soalnya mengalirnya langsung dari alat musik ke telinga kamu.

2. Mengenal dan memajukan budaya lokal
       Kita tentunya pengen dong apa yang kita miliki dikenal sama orang banyak, apa yang kita miliki jadi model nya orang banyak, apa yang kita miliki jadi yang nomor satu digolongannya. Nah dengan nonton kethoprak ini kalian tentunya berkontribusi dalam memajukan kesenian lokal dong. Jangan sungkan-sungkan untuk ajak temen-temen juga. Sekarang budaya lokal udah berkembang terus dan makin banyak orang beralih ke kebudayaan lokal dalam aspek bisnis maupun untuk hiburan aja. Jadi alangkah baiknya kalian juga rajin rajin deh terjun ke ranah kethoprak baik main maupun cuman nonton aja. Biar kethoprak makin berkembang dan makin mahal harganya guys.
       Nah guys itu tadi alasan kenapa kalian harus nonton kethoprak, aku sendiri pemain kethoprak guys hehehe. Dan kalau di solo sering banget ada pentas kethoprak di Teater Arena ataupun di Pendhapa Taman Budaya Jawa Tengah. Kalian semua juga pasti udah tau kan itu tempatnya dimana. Itu di kentingan, barat kampus UNS dah pasti ketemu deh. Salam Budaya!
(Andito Haryo Saputro, 12/6/2015)

0 comments:

Post a Comment