Tips diterima kuliah di UNS



       Berhubung aku kuliah di uns, maka akan aku share kepada teman-teman bagaimana cara-cara bisa keterima di sini dengan mudah. Tips nya lumayan banyak, tapi mungkin supaya kamu bisa ikuti semuanya, lebih baik pindah dan jadi anak solo dulu kayak aku hehe, soalnya salah satu tips nya adalah sekolah lah di SMA negeri di solo. Baiklah nggak usah basa-basi lagi ini dia tips nya :
1. Sekolah di salah satu SMA negeri solo
       Kalo kamu sekolah di SMA negeri di solo, maka kemungkinan besar banget kamu bisa keterima di UNS, konon katanya UNS lebih mengutamakan siswa SMA di solo untuk diterima di sana. Apalagi kalau kalian dari SMA negeri solo dan SMA negeri yang favorit pula wah udah tinggal pilih deh mau jurusan dan prodi(program studi) apa.
2. Pilih prodi yang nggak banyak dipilih temen-temenmu
       Soal pilihan ini, memang sih enaknya milih prodi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu semua, tapi ya kembali ke tujuan kita sih, kita rela prodi apa aja asalkan kuliah di UNS, atau kita Cuma mau ada di jurusan itu aja, kalau kita mau prodi apa aja asalkan UNS, ya kita pilih deh prodi yang kira kira nggak laku hihihi, soalnya aku juga gitu coooy, dan buktinya aku diterima di UNS tanpa tes hehehehe.
3. Jaga kestabilan nilai rapot di SMA (inget, stabil aja, nggak perlu bagus, 75 terus juga ga masalah hehe)
       Ini termasuk aspek yang lumayan penting cooy, kalau kamu punya nilai rapot yang stabil, insya alloh kamu akan lebih gampang masuk di PMDK (tanpa tes), nge jaga kestabilannya pake cara yang gampang aja bro, jaga nilai kamu di 75 terus, memang sih kedengerannya ngaco, tapi jujur aja dulu aku gitu bro, jadi kamu nggak perlu punya nilai tinggi, yang penting stabil aja, jangan naik turun terlalu drastis.
4. Banyak bergaul sama orang yang kuliah di UNS
       Nah kalo tips yang ini fungsinya untuk membuka pikiran kamu lebih luas. Membuka yang kaya gimana tuh? Jadi gini, misal kamu menganggap prodi seni rupa itu tempatnya anak anak males belajar, sehari-hari Cuma nggambar aja, yang ada di pikiranmu “ya memang sih gampang masuk situ karena nggak banyak yang milih, tapi keliatannya nggak berkualitas gini”. Itu tadi anggapanmu sebelum kamu kenal mereka. Padahal kalau kamu bener bener udah ngerti justru mungkin ternyata disana ada peluang besar karena memang sesuai bakatmu, atau karena ternyata lapangan pekerjaannya luas dan belum banyak pesaing, dan faktor-faktor yang lainnya.
       Nah sementara itu dulu tips dari aku teman-teman, sebenernya dari semuanya yang paling penting adalah nomor 1 hehe. Tapi nggak apa apa kalau nggak bisa nomor 1 lakukan aja yang nomor-nomor selanjutnya. Dan pokonya semangat deh temen-temen semua. Jangan anggap kamu terlalu kecil untuk UNS, kalau memang kamu merasa kecil, pilih jalan yang kecil-kecil juga dong, yang nggak banyak dipilih orang, akhirnya orang-orang yang milih prodi “gede” nggak keterima dan kamu yang cari-cari celah keterima deh, amiiiin
(Andito Haryo Saputro, 15/04/2015)

0 comments:

Post a Comment