Tips Tahan Lama Blogging


       Banyak dari kita yang punya niatan nge-blog, tapi kadang berhenti di tengah jalan karena berbagai hal. Padahal kalau kita konsisten nge-blog dan dapet banyak pembaca dari sana, kita bisa dapet penghasilan dari iklan yang dipajang di blog kita. Aku sendiri belum merasa jadi blogger yang sukses, karena belum ada penghasilan iklan di blog ku, tapi hari demi hari aku sedang menuju kesana. Ini dia tips-tips dari aku.
1. Rajin share artikel di social media
       Social media adalah elemen SEO (Search Engine Optimalization) yang cukup besar pengaruhnya. Berdasarkan penilaian ku sendiri, orang-orang yang sedang online di social media sebagian besar cenderung kepo, ingin tau, dan suka ikut campur urusan orang lain. Pokoknya pencari informasi banget deh. Nah coba disana kalian share artikel kalian dengan gambar dan judul yang menarik. Coba pake judul “nih curhatan ane tentang peliharaan ane”, atau “cara cuci mobil versi gua sendiri”. Nggak bermaksud norak, tapi jujur aja dari pengalamanku misal judulnya “Asal usul candi borobudur” gitu, aku sendiri kayaknya nggak mau baca deh.
       Itu tadi cara share yang menurutku masih acak. Acak karena pembaca share mu itu masih semua netizen. Jadi kemungkinan orang yang nggak se paham dan minatnya nggak satu jalur dengan artikelmu dia nggak mau baca. Cara yang kedua adalah dengan share di grup. Seperti contoh facebook, di sana ada grup komunitas dengan kegemarannya masing-masing. Gini caranya, misal kamu punya artikel tentang jalur-jalur touring yang keren, coba kamu masuk ke grup motor club, nah tentu para bikers akan seneng banget kalau disuguhi jalur touring, langsung rame deh traffic blog kamu broooh.
2. Tema artikel bebas tapi rapi, jangan terbatas tapi jarang        Menurutku, kadang yang sering bikin kita jarang nulis karena kita malu dan ngerasa nggak pantes kalau materi kita kurang berbobot atau kurang ilmiah. Padahal menurutku blog itu tentang diri kamu dan hobi-hobi mu, jadi tulis aja semua yang kamu inginkan, asal kan sopan, dan nggak menyinggung pihak manapun. Soalnya banyak juga blogger-blogger yang materi artikelnya itu enteng-enteng banget tapi malah jumlah pembacanya ngalahin blogger yang materinya rumit-rumit.
3. Selalu respon sama komentar pembaca        Yang namanya pembaca, mereka akan seneng kalau penulis dari artikel yang mereka komentari nge jawab comment mereka. Jadi apapun itu wujud comment dari pembacamu, baik yang komen langsung di blogmu, atau yang komen di social media tempat kamu share, tanggapilah dengan positif dan buat mereka seneng. Soalnya walaupun simple, itu bisa bikin para pembaca betah dan nanti kamu posting lagi dia akan baca dengan senang hati karena dia merasa dihargai.
4. Pakai template dan widget yang bikin blog keliatan sukses        Selain harus pinter nulis, blogging tentunya juga menuntut kita untuk berimajinasi nge desain tampilan blog yang menarik. Untuk template, coba kalian cari template yang udah jadi atau bikin dengan dilengkapi dropdown kategori artikel, halaman home, about us, disclaimer, privacy policy. Dengan begitu, blog kalian terlihat lebih dewasa dan profesional. Kalian juga bisa coba pasang widget yang nampil kan jumlah pembaca, dengan bisa melihat jumlah pembaca, maka pembaca kalian merasa mantap dan nyaman ada di blog kalian.
5. Post artikel tentang ulasan topik yang lagi hangat        Selain bisa menjaring pembaca tanpa share, post artikel sesuai topik yang lagi booming juga bisa mendeskripsikan diri kamu ke pembaca. Tapi untuk tujuan mendeskripsikan diri kamu ke pembaca, lebih baik kamu tulis artikel sendiri, jangan copy paste dari blog lain. Misal tren batu akik, lebih baik kamu tulis komentarmu tentang batu akik atau ubah cerita batu akik jadi komedi karanganmu sendiri, itu lebih baik daripada kamu cari artikel asal-usul batu akik trus kamu copy paste di blog kamu.
(Andito Haryo Saputro, 7/4/2015)

2 comments: Leave Your Comments

  1. saya sih masih males-malesan kadang ide buat artikelnya mentok di ide gak dituangkan ke blog, huhu
    dan iya saya setuju kalau setiap komentar di blog itu mesti dibalas, bisa bikin blog kelihatan ramai sekaligus menghargai mereka yang udah menyempatkan waktunya buat komen :D kecuali yang nyepam, ngejunk dan nitip link, saya hapus yang seperti itu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, soal hapus komentar spam itu saya setuju. Terus kalau mentok di ide itu jangan jadi halangan, tulis aja se mentoknya mbak, terimakasih komentnya ;)

      Delete