Fogging, Pro atau Kontra?


       Ini bermula dari inisiatif bapak-bapak sekitar rumahku untuk melakukan fogging(pengasapan). Buat kalian yang belum tau, ketika rumah kita di fogging, petugas akan bawa alat semacam penyemprot gitu, rumah kita ditutup rapet dan disempot asap sampe penuh serumah. Antara cara melakukan dan tujuannya masih logis sih. tujuannya membasmi nyamuk, metodenya dengan semprot anti nyamuk ke seisi ruangan. Kebetulan aku termasuk kontra. Karena menurutku banyak negatifnya deh daripada positifnya. Tapi ini pendapatku aja guys. Ini dia faktornya:
1. Nyamuk nggak ilang, rumah terkontaminasi
       Bukannya aku sok tau tentang apa aja yang terkandung di zat aneh yang disemprotin itu guys, tapi kalau ketika kita kena bau dikit aja langsung pusing dan dari judulnya itu obat nyamuk berarti kan racun. Nah kalau itu beracun dan disemprot ke seisi ruangan kan pasti nyangkut di mana mana tuh. Entah di sofa, bantal, dan yang lebih parahnya lagi nyangkut di piring dan sendok yang kita pake makan. Dan ternyata ketika malemnya aku ada di rumah dan lagi nulis artikel ini nih, aku masih dikerubutin nyamuk juga. Jadi yang tadi pagi semprot semprot nggak karuan itu dapetnya apa dong?
2. Hewan peliharaan terganggu dan bisa jadi stress/mati
       Selain mengganggu kita penghuni rumah, tentu fogging ngganggu banget buat hewan peliharaan kita. Kebetulan dirumah aku pelihara burung, dan bener aja seperti dugaanku, seharian ini aku belum denger dia berkicau padahal sebelumnya wah baru jam 4 pagi aja udah berisiknya minta ampun cooyy. Burung peliharaan tetangga depan rumahku juga, malah lebih parah. Nyebelinnya si petugas fogging itu nggak mikirin apa yang ada disekitarnya main tembak aja, tadi burung peliharaan tetanggaku terbang nabrak-nabrak sangkarnya sendiri saking takutnya sama bau obat nyamuk salah sasaran itu.
3. Setelah fogging kita jadi cemas takut alat makan dan sebagainya masih ke tempel an racun
       Misalnya nih, rumah kita habis di fogging, dan kita mau makan. Otomatis kita kan pake piring yang sebelumnya tadi ada di dalem rumah ketika fogging. Kan kita jadi mikir wah racun obat nyamuk salah sasaran tadi nempel di piring nggak ya. Akhirnya piring bersih yang tadinya bisa langsung kita pake makan, jadi kita harus cuci sekali lagi biar bener-bener bersih
       Moga-moga ini yang terakhir kali rumahku di fogging deh, bukan apa apa nih, nyamuk nggak ilang, burung kenariku jadi stress, nggak mutu :)
(Andito Haryo Saputro, 05/05/2015)

0 comments:

Post a Comment