Yang kulakukan untuk mengembangkan usahaku


       Teman teman pembaca khususnya para pengusaha. Di kesempatan kali ini aku akan bagi kepada kalian beberapa hal yang biasa aku lakukan untuk membuat usaha ku menjadi berkembang. Walaupun kadang semua itu sering menemui halangan. Namun seiring berjalannnya aku memiliki usaha, hari demi hari aku belajar bahwa:
1. Sebisa mungkin kita jadikan halangan sebagai "guidelines", sebagai pembangun kekuatan, jangan biarkan halangan membuat kita menyerah.
       Mungkin nasihat yang satu ini kesannya mudah dikatakan tapi sulit untuk mengamalkannya supaya benar-benar tidak menyerah. Namun sobat sekalian ada beberapa tips supaya kita bisa menjalani jalan di poin satu ini. Sabar saja teman-teman, yang punya kuasa dalam kita membangun usaha tidak cuma kita sendiri, tapi juga tuhan. Mungkin ketika kita tiba-tiba menemui penghalang yang menggagalkan langkah kita, itu adalah ujian dari tuhan, dan jika kita bisa menjadikannya sebagai pelajaran dan mengambil ilmu juga hikmah dari situ, maka kita akan diberi kemudahan dan diberi rezeki yang lebih di kemudian hari.
2. Dengarkan semua yang dikatakan pembeli
       Hal yang paling sering aku lakukan juga adalah mendengarkan apapun yang dikatakan pembeli. Itu satu poin yang sangat penting teman-teman. Jika kita ingin usaha kita berkembang, tentu saja kita harus mengikuti perkembangan permintaan pelanggan, tidak melulu memaksa pelanggan untuk tiap hari membeli produk kita yang itu-itu aja. Kita ambil contoh, aku punya usaha jual es teh manis di car free day. Seiring berjalannya waktu ada pembeli yang menginginkan es teh tawar. Mungkin di hari saat dia minta es teh tawar aku mengatakan nggak ada. Namun di hari selanjutnya, saat aku jualan aku selalu bawa es teh tawar dan di papan nama usahaku aku tambahkan tulisan es teh tawar. Nyatanya setelah itu aku lakukan alhamdulillah pembeli ku bertambah teman-teman. Ayo semuanya semangat mendengar perkembangan permintaan pembeli untuk perkembangan usaha kita semua.
3. Selalu miliki target
       Untuk poin yang ketiga ini, jujur aku sendiri melakukannya juga baru-baru ini aja. Ini aku dapatkan dari nasehat pakdhe ku saat dia tau aku jenuh dengan usaha ku yang begitu-begitu aja. Ternyata memang bener teman-teman sekalian, selalu punya target saat membangun usaha itu ternyata penting. Ambil contoh usaha counter pulsa yang aku punya, Dulu yang aku lakukan ya cuma di rumah aja menunggu pembeli. Tapi dengan sekarang aku bikin menambah stock kartu perdana, membersihkan etalase counterku tiap hari, memberi sms ucapan terimakasih ke semua pembeli pulsa di tempatku, hari demi hari aku rasakan pelangganku mulai bertambah, dan ke jenuh an ku sedikit demi sedikit mulai hilang teman-teman.
4. Studi banding dengan pengusaha sejenis
       Studi banding ini ternyata juga penting teman-teman. Tentunya bagi kita pengusaha yang ada di jenis produk yang sama adalah saingan kan. Nah dari situ tentunya kita tidak ingin saingan kita mendahului kita. Salah satu caranya agar mereka tidak mendahului kita adalah dengan selalu mengamati bagaimana perkembangan mereka. Dan jika kalian menemui sesuatu yang baru yang mereka miliki dan kalian tidak, Ayo carilah cara bagaimana supaya kalian juga bisa memilikinya dengan kualitas yang lebih baik. Kalau mereka bisa kenapa kamu nggak bisa, ya kan?
5. Tetap pasrahkan semua yang kau dapat pada tuhan
       Nah teman-teman semuanya, poin yang ke-5 ini adalah yang paling sulit menurutku karena jujur saja kadang aku kurang ikhlas dalam menerima semuanya. Tapi teman-teman aku yakinkan, jika kalian bisa menjalankan poin ke-5 ini dengan sungguh-sungguh, niscaya kalian akan lebih tenang dan lebih besar hati dalam menjalankan profesi pengusaha kalian dengan niatan ibadah, Pasrahkan pada yang kuasa teman-teman.
       Nah itu dulu sharing pengalaman di blog penandito. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca di sini. Semoga selalu teman-teman ingat dan semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Salam

kata kunci terkait = pengembangan usaha, membuat usaha berkembang, membuat usaha sukses, cara mengembangkan usaha, menambah penghasilan usaha, menambah pemasukan usaha, menambah profit usaha, menjadi pengusaha sukses, menjadi pengusaha berkembang
(Andito Haryo Saputro, 28/5/2015)

0 comments:

Post a Comment