Tips Sukses Presentasi


     Gugup, merinding, takut jadi mbosenin sering kita alami sebelum kita mau maju presentasi ataupun ngomong di depan orang banyak. Kadang kita bingung juga kenapa pada saat kita jadi pendengar/pemirsa semuanya kerasa biasa-biasa aja, tapi ketika giliran kita yang harus ada di depan suasana berubah menjadi berat banget. Kadang mungkin juga pernah kita alami keadaan dimana kita punya banyak hal dan banyak bahan pembicaraan yang pengen banget kita omongin di depan tapi ketika sampe di depan semua itu hilang dari pikiran kita.
       Sebelumnya, akan aku jabarkan dulu ke kalian tentang faktor-faktor apa aja yang bikin kita semua mengalami hal-hal yang aku jelaskan di paragraf 1 tadi.
1. Kita merasa kecil, merasa nggak pantas
       Menurutku poin pertama ini adalah poin yang paling vital dan biasanya poin pertama ini adalah awal dari kehancuran kita ketika kita maju ke depan. Mungkin karena kurang pengalaman, kita jadi merasa belum pantas bicara di depan. Atau mungkin karena rasa grogi yang timbul, itu membuat nyali  kita jadi ciyut duluan. Poin pertama ini terjadi sebelum kita melakukan apapun. Ngomong pun belum, belum ada beberapa detik biasanya poin pertama ini yang muncul.
2. Terlalu sibuk merangkai kata formal supaya keliatan kompeten
       Ini adalah salah satu faktor yang menurutku sekarang masih dialami banyak presentator. Seringkali kalau di sekolah/kampus, kita mempresentasikan hal yang belum lama kita pelajari. Dan karena terdorong suasana yang formal, kita jadi sibuk mikir milih kata-kata yang resmi dengan harapan tercipta suasana yang akademis gitu.
       Nah seringkali karena kita sibuk melakukan poin kedua ini, kita jadi kehilangan banyak hal (penguasaan panggung, nyali, penguasaan diri). Karena ketika kita presentasi pembagian penggunaan otak kita harus bener-bener efisien guys, kalau pikiran kita sibuk di poin kedua ini biasanya yang lainnya jadi kelewat sama fokus kita nih.
3. Nyiapin materi dengan nulis secara runtut dan keseluruhan (bukannya bikin ringkasan)
       Di poin ketiga ini agak unik, karena biasanya ini terjadi bukan karena keteledoran kita, tapi malah karena saking rajinnya kita melakukan persiapan. Kelemahan dari kita melakukan poin ketiga ini adalah itu jadi membuat kreativitas dan improvisasi kita terhambat.
       Misalnya gini nih guys, kalian melakukan poin ketiga ini, dan selama setengah jalan di presentasi kalian semua masih lancar aja karena semua sesuai rencana yang udah tertulis, tapi coba bayangin kalau tiba-tiba di tengah ada peserta yang angkat tangan mau tanya tentang apa yang kamu jelaskan, menurutku agak bahaya tuh. Soalnya daritadi otak kamu cuma mengulang apa aja yang ada di catetan. Kalau ada sesuatu yang butuh improvisasi, takutnya otak kamu kelamaan mikirnya karena harus nyari dulu mau ngomong apa buat menganggapi pertanyaan.
       Nah guys itu dulu materi tentang apa aja yang perlu kalian hindari ketika mau maju presentasi, kalau yang kalian cari adalah solusinya, tentunya udah terjawab dong, Pokonya kalau mau presentasi sukses, ya jangan lakukan ke-3 poin tadi dong hehehehe.
(Andito Haryo Saputro, 07/05/2015)

0 comments:

Post a Comment