Asal-Usul dan Jenis-Jenis Pleci


           Teman-teman semua, kali ini aku akan coba bagi tentang asal usul dan jenis pleci dari 2 blog yang aku baca yang isinya ternyata kompleks banget. Kita awali dari klasifikasinya dahulu.
Ordo : Passeriformes
Family : Zosteropidae
Genus : Zosterops
Species : (di dunia sekitar 75 species, di Indonesia sekitar 22 species)
           Pleci tersebar di wilayah tropis Afrika, Asia dan Australia bagian utara. Tubuhnya sekitar 8-15 cm, ciri khasnya cincin lingkaran pada mata, tapi ada beberapa jenis yang nggak punya cincin di mata. Genus nya zosterops karena arti dari kata itu adalah sabuk mata.
           Di habitat aslinya burung ini terbang bergerombol diantara pepohonan. bahkan sering juga bercampur dengan spesies lain. Utamanya pleci pemakan serangga, tapi sambil mereka cari serangga, biasanya mereka makan buah. Mangsa pleci biasanya ada di sela-sela daun-daun, selama cari makan mereka berkicau dengan suara yang keras untuk komunikasi sama anggota kawanan mereka. Semua anggotanya suka terbang dalam kawanan.
           Di Jawa, katanya pleci bertelur mulai dari Januari sampe Oktober. Bertelurnya kurang lebih tiga (2–5) butir warna biru pucat, diletakkan pada sarang berupa cawan kecil yang khas bentuknya. Sarang ini terbuat dari akar-akaran, tangkai dan tulang daun, dan bahan-bahan tumbuhan lainnya, dihiasi dengan lumut. Sarang diletakkan di percabangan ranting atau rumpun bambu, sekitar 2–4 m di atas tanah.
           Jenis pleci yang sering ditemukan di indonesia ada 3, yaitu pleci pantai (zosterops cloris) , pleci belukar (zosterops palpebrosus), dan pleci gunung (zosterops montanus).
1. Pleci pantai/Zosterops Cloris
ciri-ciri :
paruh hitam, mata gelap kehitaman, kaki gelap kehitaman, ada warna kuning melingkar antara mata satu dengan yang lainnya melewati paruh atas/atas hidung, ukuran lebih kecil dari pleci yang lainnya.

2. Pleci belukar/Zosterops Palpebrosus
Ciri-ciri :
paruh keabu-abuan, mata coklat keputihan, kaki keabu-abuan



3. Pleci gunung/Zosterops Montanus 
Ciri-ciri :
paruh keabu-abuan, mata putih, dada keabu-abuan, kaki keabu-abuan, ukuran lebih besar dari yang lainnya.

Ciri-ciri Mayoritas Pleci Betina:
• Postur badan agak kecil bulat tidak panjang.
• Kepala relatif lebih kecil.
• Bola mata normal dan alis mata yang melingkar lebih tipis.
• Ekornya pendek.
• Paruh umumnya pendek dan tipis.

Ciri-ciri Mayoritas Pleci Jantan:
• Ekor Panjang berbentuk huruf 'V' Mayoritas.
• Paruh tebal dan panjang.
• Kepala relatif lebih besar.
•·Alis mata yang melingkar berwana putih lebih tebal.
• Badan Panjang dan proposional.
          Sebenernya dari yang aku baca masih ada banyak banget jenis jenis pleci yang lain sampe bisa 2 halaman kalau dijelasin semua, insyaalloh kita ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya untuk ngebahas sisanya, ini dulu cerita dari aku, terimakasih dan salam kicau mania!

Sumber : http://dossi99.blogspot.com , http://planetburung.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment