Tips Merawat Burung Pleci


       Kali ini aku akan bagi tips merawat burung pleci. Tips ini aku tulis berdasarkan pengalaman aku sendiri. Sebelumnya aku bagi tips merawat burung kenari, kali ini pleci. Kecil, relatif murah, pakan gampang adalah alasan kenapa pleci kupelihara.

1. Pakan
       Pakan burung pleci adalah pisang, kroto, dan ulat hongkong. Tapi yang paling utama menurutkku adalah pisang, terutama pisang kepok. Pleci ku aku kasih pisang kepok tiap hari, dan kalo pemberian ulat atau kroto aku kasih dengan periode 3 hari sekali aja.

2. Mandi
       Lebih baik untuk pleci menurutku adalah cukup dengan kasih tempat minum yang lumayan besar aja. Sama seperti burung kenari, berdasarkan pengalaman ku kalau tempat minumnya cukup besar, pleci akan mandi di tempat minum. Menurutku metode memandikan yang kayak gini lebih baik karena burung hanya mandi disaat dia rasa perlu saja.

3. Penjemuran
        Menjemur pleci tidak terlalu repot, tapi penting juga. Berdasarkan pengalaman saya, pleci yang sering dijemur akan lebih sering berkicau daripada yang tidak dijemur. Untuk penjemuran bisa 1 jam saja cukup. Antara jam 8 sampe jam 10 an ambil 1 jam diantara itu.

4. Tempat menggantung kandang
        Saat tidak dijemur, akan lebih baik kalau kandang pleci ditempatkan di tempat yang banyak orang lewat, karena itu akan melatih mental pleci supaya tetep rajin bunyi walaupun banyak orang. Temen-temen bisa gantung kandang di teras dan kasih tempat yang setinggi badan orang, jadi rendah saja jangan digantung tinggi-tinggi.

5. Kandang
        Sesuai dengan ukuran tubuh pleci, kandang kecil saja malah baik. Mungkin ukuran 20x20x20 sudah cukup.

6. Kebersihan Kandang
        Nah inilah yang unik dari pleci. Berdasarkan pengalamanku, pleci yang aku punya lebih rajin bunyi ketika kotorannya ndak aku bersihkan sampe menggunung, tapi berdasarkan saran dari pembaca akan bagus juga kalau kandang dibersihkan tiap hari karena bau kotoran akan merusak kesehatan pleci, jadi coba kalian eksperimen disini guys.
(Andito Haryo Saputro, 31/03/2015)

1 comment: Leave Your Comments

  1. Kalau mau suaranya lebih jernih bisa kasih minum vitamin water. dengan takaran 1 tempat minum perhari. Bisa pagi atau sore.

    ReplyDelete