Usaha Kecil-kecilan, Kenapa Enggak?

        Sering jadi resah pikiranku ketika orang-orang ngomongin usaha tapi yang mereka omongin selalu aja gimana bikin perusahaan besar, untung jutaan, kantor gedung bertingkat, jabatan direktur yang tiap ke kantor jas-jas an. Kalau memang mereka bisa mewujudkannya, okelah aku akui mereka hebat, tapi kalo tiap duduk adanya cuma diomongin aja, sama aja bo’ong cooy.
       Jadi daripada ngimpi punya perusahaan dengan gedung pencakar langitnya, kenapa kita nggak merintis usaha dengan modal yang kita punya aja, dari pada besar-besaran tapi cuma impian, mending kecil-kecilan tapi diwujudkan. Usaha kecil bukan berarti selamanya kecil bro, justru dari situlah kita ambil sebagian keuntungan tiap dapet untung lalu kita jadiin modal untuk bangun bisnis kita semakin besar setiap harinya. 
       Keuntungan memulai bisnis dari kecil adalah kalian ada waktu untuk menambah skill di setiap harinya. Nanti seiring kalian kembangin usaha kalian akan datang tantangan-tantangan yang semakin meningkat, yang akan terjadi kalian akan dapet tantangan sedikit-sedikit yang meningkatnya selaras dengan skill kalian. Jadi kalian lebih bisa menguasai medan.
        Selain skill kalian yang akan improve setiap harinya, kalian akan jadi punya rasa memiliki yang besar terhadap usaha kalian ini, disaat usaha kalian besar nantinya, kalian akan merasa usaha kalian ini semacam teman seperjuangan yang bersama kalian sejak masih kecil. Terus, banyak orang ngomongin pengen usaha yang gede-gedean supaya merasakan dan dapet predikat pengusaha. Padahal jika kalian bisa merintis usaha kecil lalu tiap hari tiap waktu semakin jadi besar, justru yang seperti itu yang cocok disebut pengusaha.
        Ada lagi keuntungan lain. Yang namanya usaha, keuntungan didapet dari pelanggan, kalau usaha kamu langsung gede-gedean, coba dipikir apa mungkin langsung ada pelanggan yang gede-gedean juga, lain halnya dengan usaha yang dirintis dari kecil, seiring berjalannya perkembangan usaha, pelangan akan terus bertambah, dan pelanggan kalian akan semakin mantap untuk terus langganan karena liat usaha kamu yang dulunya kecil, sekarang jadi gede.
        Hikmah dari artikel ini yang aku ingin pembaca dapetin adalah, semoga pemikiran orang-orang berubah, impian memang penting kawan-kawan, tapi kalo eksekusinya nol dan Cuma diobrolin aja, ya cuman ngimpi namanya, pendapatan juga tetep nol-nol aja. Jadi kalo punya pemikiran, impian, cita-cita, segera cari cara gimana bisa mewujudkannya, dan cepet-cepet dapetin rupiah dari situ. Mengutip kata agnes monica, “dream, believe, and MAKE IT HAPPEN
(Andito Haryo Saputro, 7/4/2015)

0 comments:

Post a Comment