Tips Khotbah di Masjid Bagi Remaja


       Seringkali di lingkungan kita apalagi dengan animo sekarang yang menggembar-gemborkan regenerasi. Apalagi kalo udah ada di forum remaja masjid lagi ngebahas akan melakukan sesuatu. Pastinya khotbah oleh remaja adalah gagasan yang hampir ada di setiap masjid. Kalau ditempatku, Ini udah jadi program lama dan bapak-bapak di lingkungan masjidku sangat menginginkan itu terwujud.
       Namun kadang banyak hal yang kita temui ketika mau melangkah ke sana, Mulai dari rasa nggak enak ngomongin agama seolah menasehati bapak-bapak ibu-ibu yang lebih tua, merasa masih pemula tapi udah bicara banyak, dan merasa grogi juga ngomong didepan orang banyak. Ya itu wajar menurutku karena memang untuk memulai sesuatu yang nggak biasa pasti adda tantangannya. Nah disini aku akan kasih ke kalian tips gimana kiat-kiat berkhotbah bagi remaja.
1. Bicarakan materi yang enteng
       Kalian bisa cari bahan yang nggak usah berat-berat aja, misal dibanding ngomongin akhlak, fikih, hadist yang berat-berat, coba deh kalian bicarain manfaat sholat dari sudut pandang medis misalnya. Kan enteng tuh, dan malah kadang itu luput dari perhatian senior-senior kalian yang selalu belajar soal agama saja.
2. Cari materi yang sifatnya nggak menasehati
       Kalo yang ini aku anjurkan untuk menyikapi perasaan bersalah dan nggak pantes ngomong di depan orang yang lebih tua, nah kalian bisa bawakan materi yang isinya nggak nasehati, kalau kalian bicarain soal bagaimana cara wudhu yang bener misalnya, nah pastinya kan suasananya kalian mengingatkan, ngasih tau cara, ngomongin yang ini salah yang ini bener, kan jadi nggak enak tuh, Nah mungkin kalian bisa ambil materi tentang hikmah-hikmah dari sesuatu, atau kalian ceritain pahala-pahala apa aja yang didapat dari melakukan sesuatu, jadi nggak terlalu menasehati suasananya.
3. Pembukaan baca ayat alquran nggak perlu panjang-panjang
       Sering kan muqaddimah dari ustad-ustad senior panjang banget dan banyak sampe kalian nggak ngerti apa artinya, mungkin saran dari aku, kalau kalian belum bener-bener mengerti apa artinya ayat yang kalian omongin, keliatannya lebih baik pendek aja deh, yang penting jelas kalian tau artinya dan yang menjadi inti khotbah kalian adalah materi kalian di tengah nanti bro.
4. Singkat tapi bulat
       Yang aku maksud dengan singkat tapi bulat ini adalah materi kalian simple dan sedikit aja tapi bener bener lengkap dan nggak akan timbul pertanyaan lagi (bulat). Jadi kalau kalian bahas manfaat sholat dari sudut pandang medis misalnya, kalian bahaslah keuntungan medisnya dari semua gerakan, apa penyakit yang dicegah, organ apa yang dilatih waktu gerakan itu, pokonya semuanya deh jadi pendengar kalian puas dengan materi kalian walaupun simple aja.
5. Bawa catatan, tapi intinya aja
       Aku termasuk orang yang nggak setuju dengan orang yang mencatat seluruh kata yang akan diomongin dan nanti jadinya diatas mimbar malah nunduk baca kertas. Menurutku lebih baik kalian tulis aja inti dari khotbah kalian, soal pembukaan, penutup, dan penjelasan tambahan di khotbah kalian cukup dimpen di memori aja, jadi pas khotbah kalian bisa sambil memandang jamaah.
       Sekian dulu tips khotbah dari aku. Semoga sukses dalam khotbah kalian. Kalau ada tanggapan tulis aja di comment guys. Good luck!
(Andito Haryo Saputro, 03/05/2015)

0 comments:

Post a Comment