Wedangan Menurut Gue


       Nongkrong, ngrumpi, kongko-kongko adalah kesukaan orang-orang solo. Apalagi kalau malem-malem, sambil menikmati udara malam yang agak dingin, duduk-duduk di pinggir jalan beralaskan tikar sambil ditemani teh anget, kopi panas, maupun wedang jahe, waah udah kebayang kan gimana enaknya hehe. Selain sebagai tempat cari makan dan obrolan, nggak jarang wedangan jadi tempat buat bebrapa orang ketemuan dan membahas bisnis. Terbukti coy bahwa kadang suasana ruang meeting yang kaku dan dinginnya berasal dari AC aja, akan kalah sama suasana wedangan yang terasa pribumi banget coooy.
       Nah tujuan gue nulis bab yang ini selain buat promosi-in ke kalian-kalian buat kunjungi wedangan-wedangan di solo, juga karena memang aku suka banget nongkrong di wedangan coy, tapi kalau aku bukan karena suasana merakyat yang kita dapet di wedangan, ya itu juga sih, tapi faktor utama yang bikin aku sering nongkrong di wedangan adalah karena murah hehe. Langsung aja bray, kita masuk ke poin pertama alasan kenapa kalian harus kunjungi wedangan.
1. Murah
       Es teh maksimal 2000 aja. Nah buat kalian kalian yang nggak punya duit banyak tapi pengen nongkrong lama dan pengennya di tongkrongan ada sesuatu buat isi perut (aku banget deh), pesen es teh 1 aja udah memenuhi keinginan mu diatas tadi. Kamu nggak perlu malu atau canggungg coy, pesen aja 1 es teh itu, dan kamu bisa nongkrong sepuasmu. Ini yang perlu kalian perhatiin, kalau belum mau pergi dari situ, jangan abisin dulu esnya hehe, soalnya kalau minumannya udah abis dan kamu masih duduk di situ kan nggak enak banget hehehehe.
       Paragraf pertama tadi kita baru bahas minumannya, sekarang kita bahas makanannya. Mulai dari makanan utama nasi. Untuk nasi, di banyak wedangan di kota solo bisa kamu dapati dengan harga antara Rp 1500 sampe Rp 2000 aja per bungkusnya. Tapi kalau buat aku sebungkus aja nggak cukup guys, apalagi kalo ada yang bayarin, yah minimal 2 bungkus deh. Lauknya macem macem, biasanya yang paling sering ada itu bandeng, tapi kadang ada juga yang punya lauk oseng tempe, oseng kacang panjang, atau mungkin lauk sambel teri aja juga ada.
       Lanjut ke lauk sampingan yang dijualnya nggak sepaket sama nasi bungkus. Kalau yang ini harnganya sekitar Rp 500 sampe Rp 5000 per biji nya. Varian yang aku jumpai selama keliling-keliling wedangan di kota solo macem-macem coy. Nih ada tahu bacem dan tempe bacem, ada kepala ayam goreng, kepala ayam bacem, ayam goreng juga ada, dan ada juga sate telur puyuh, sate kerang, sate usus, satekeong bahkan ada juga, ada sate paru, sate ati dan ampela. Nggak cuma itu aja coy, ada juga telor asin, telor ayam, macem-macem krupuk juga ada, kadang di beberapa tempat jajan pasar pun ada, kacang goreng juga ada. wah banyak deh guys kalian tinggal sebut aja yang kalian mau.
2. Suasana merakyat
       Suasana adalah salah satu senjata yang dimiliki wedangan dan nggak dimiliki tempat makan lain. Saat makan atau nongkrong di wedangan, kita akan merasa nyaman disana dengan nuansa pribumi yang disajikan, mulai dari nasi yang dibungkus koran, dingklik sebagai tempat duduk, tungku arang milik pedagang, cangkir blantik (cangkir tradisional jawa) untuk tempat minum, dan nggak  jarang juga selalu tersedia koran hari itu di wedangan tempat tongkrong kamu, jadi sambil duduk-duduk bisa juga update info deh hehe.
3. Ada di mana-mana
        Guys, menurutku wedangan ini adalah pesaing terbesar dari minimarket deh kalau soal cabang di mana-mana. Nih ya kalau kalian keliling solo, aku jamin deh sekitar tiap 500 meter mungkin pasti akan kalian temui wedangan, bedanya sama mini market cuma kalau wedangan yang punya bukan satu pemilik, tapi sama aja coy, ada dimana-mana deh udah menjamur. Jadi nggak usah khawatir, kapanpun dan dimanapun kalian laper, pasti deket situ ada wedangan.
4. Pagi ada, malem juga ada
       Ini satu lagi keunggulan yang bisa kalian temui di wedangan. Kalo makan di restoran atau cafe nih, kan kadang bukanya cuma sampe sekitar jam 10 malem tuh, nah lain halnya wedangan apalagi di solo. Disini wedangan ada banyak banget dan diatara mereka ada yang jam operasinalnya pagi siang, ada juga yang malem, bahkan ada juga yang 24 jam cooy, bahkan wedangan justru malah kadang makin malem makin rame guys. Jadi lagi-lagi kalian nggak usah khawatir, kalo malem-malem jam 11 kalian laper nih. Kalian udah tau kan tempat mana yang harus kalian tuju hehe.
       Nah itu dulu sesi "wedangan menurut gue" semoga bisa jadi alternatif tempat makan baru buat kalian ya guys. Salam nongkrong.
(Andito Haryo Saputro, 5/8/2015)

2 comments: Leave Your Comments