Simple Things Yang Lo Butuh Untuk Jadi Blogger

       Dulu aku pikir bikin blog, nulis artikel, nemuin ide buat dijadiin bahan tulisan, dan sebagainya semuanya itu susah, perlu pemikiran yang dalem, ada syarat ketentuan, dan bila sakit berlanjut hubungi dokter #tsaaahh hehehe. Tapi Guys, ternyata semua itu mudah setelah dijalanin, dan intinya yang perlu lu lakuin adalah menjadi diri lu sendiri aja, tapi versi yang baik, nggak usah cari yang aneh aneh deh, yang lebih mahal banyak mwehehehehe.
       Oke bro langsung kita ke poin nomer-1

1. Jujur
       Ini adalah penjelasan lanjutan di kalimat pembuka tadi. Maksudnya jujur adalah kalo memang yang ada di otak lo itu hal-hal yang absurd, hal-hal yang lucu tapi nggak masuk akal, hal-hal komedi yang kesannya nggak edukatif, yaudah tulis aja sesuai passion lo, kalo otak lo absurd tapi lo tulis tentang hal-hal ilmiah, ya nggak bakalan pecah tuh blog lo. Jadi jujur aja, ungkapkan semua yang ada di dalam perasaan lo, tapi kalo cintamu bertepuk sebelah tangan jangan sedih ya, kadang jujur itu menyakitkan mwehehehehe.

2. Bikin Ilustrasi Gambar yang Keren
       Walaupun tipe produk kamu di blog adalah tulisan nih, gambar juga elemen yang penting dalam blog. Memang sih tulisanmu asyik dibaca. Tapi kalau nggak ada gambar yang eye-catching buat memancing perhatian pembaca, takutnya tulisan kamu jadi nggak kebaca, kan mubadzir temen-temen. Dan kalau kalian pengen saran atau bantuan dari Penandito, comment aja pasti aku respond ciyeeee.

3. Cari software editor gambar
       Ini adalah penjelasan dari poin sebelumnya. Kalau saran dari penandito, kamu pake deh software Adobe Photoshop buat mengiringi aktivitas blogging kamu. Kalau masih belajar nggak apa-apa santai aja, aku juga baru bisa beberapa tool kok. Dan kalau mau aku bisa bantu kalian buat bikinin ilustrasi. Tapi kali ini Photoshop nya buat bikin cover blog lho ya, bukan buat ngilangin jerawat, tapi ilang-in jerawat aku juga bisa kok mwahahahahaha, nambah tahi lalat juga bisa deh hihihihi.

4. Bikin artikel yang terstruktur
       Jangan negative thinking dulu guys, terstruktur bukan berarti harus ada salam, isi, penutup dan sebagainya. Tapi maksudnya, sebisa mungkin ya (kalau ndak juga nggak apa apa sih, yang satu ini menurut Penandito sunnah kok hukumnya hihihihi) sebisa mungkin bikin susunan yang runtut. Misal diawal kamu ceritain dengan bahasa kamu apa aja faktor atau kejadian yang kamu alami atau kejadian yang lagi hot di masyarrakat yang membuat kamu dapet ide buat nulis itu. Terus di tengah kamu kasih penjelasan yang hubungannya sama paragraf awal, dan gitu terus sampe semua selesai kamu kupas, dan di akhir kasih salam dengan kalimat yang menyenangkan gitu. Memang sih keliatannya sepele aja, tapi insyaalloh ini tuh bisa bikin pembaca kita merasa dihargai kehadirannya hehehehehe.

5. Posting dengan periode yang rutin
       Nah temen-temen, jujur aja buat aku sendiri posting dengan rutin itu sebenernya sih udah aku planning dari awall aku mendirikan blog ini biar pembaca juga tau kapan ada artikel baru saat mereka buka. Tapi kadang stamina-ku terkuras sama tugas kuliah broo, duh tapi sebisa mungkin aku tetep sempetin buat nge-blog kok. Jadi kalian postingnya yang rutin juga ya. Kalau aku sih cara menjaga minat buat nge-blog itu nggak ada, malah udah dateng sendiri. Karena bagiku nge-blog itu menyenangkan, hobi, dan menurutku blog adalah tempat dimana kita bisa jujur bicara tentang apapun yang ada di pikiran kita, bisa jadi tempat mencurahkan semua keresahan deh. Jadi kalau aku, nge-blog itu udah jadi sebuah kebutuhan wajib.

6. Share dengan biasa-biasa aja hehehe
       Nah temen-temen, memang tentu kita pasti punya keinginan buat merubah pola pikir orang supaya semuanya setuju sama yang kita katakan, supaya semuanya mengikuti apa yang kita tulis, supaya semua orang nunggu-nunggu tulisan kita nongol. Tapi untuk menuju kesana tetep pelan-pelan aja guys. Lo share aja secukupnya di suatu tempat misal socmed. Nanti kalau memang artikel lo patut diperbincangkan di kalangan masyarakat. Pasti akan berkembang kok. Optimis terus dan never stop writing yaaaapps!

       Sekian dulu ya temen-temen semua, Terimakasih sudah meluangkan waktu kesini, dan semoga kalau memang kalian pengen nge-blog, ini jadi inspirasi ya, Enjoy your day, be yourself, stay smile guys!
(Andito Haryo Saputro, 9/6/2015)

0 comments:

Post a Comment