Ide-Ide Bisnis Sambil Kuliah


       Banyak dari kita sering banget denger cerita tentang orang-orang yang sukses bisnis sambil kuliah, ketika denger cerita itu kita langsung pengen ikut-ikutan, tapi terus nggak sedikit juga yang gagal berkembang dan akhirnya berhenti di tengah jalan. Sebelum aku bagi ide-ide bisnis, aku ceritain dulu hal-hal yang menurutku bikin kita gagal usaha: *aku juga ngalamin sendiri bro.

1. Bisa produksi, nggak bisa nemuin pembeli
       Nih tentang gimana kita milih bisnis coy, kadang kita merasa udah siap ketika udah nemuin sesuatu untuk dijual, tapi begitu barang kita siap, kita nggak tau mau jual ke siapa, nah untuk mensiasati hal ini, kita harus lebih ngalah sama diri sendiri bro, coba cari barang yang kira-kira gampang cari pembelinya, nggak melulu yang kita bisa produksi.

2. Kehilangan mood buat terus ngejalanin bisnis
       Menurutku yang kayak gini ini wajar kita semua alami sebagai mahasiswa. Kadang kita semangat banget bisnis karena kebetulan kondisi kampus lagi nyaman coy. Nah pas lagi banyak tugas, lagi gagal ngerjain tugas dosen, kita jadi unmood buat bisnis. Padahal bahaya banget buat bisnis kita kalo kita kerjanya berhenti trus muncul lagi.
       Nah solusinya antara kamu harus punya orang untuk jalanin bisnis ketika kamu nggak bisa, atau kamu cari bisnis yang barangnya tetep bisa dijual suatu saat kalau sekarang kamu lagi nggak bisa ngejalanin.

Sekarang akan aku bagi ide-ide bisnis yang mungkin bisa jadi inspirasi buat kalian.

1. Nasi Bungkus
       Keunggulan dari bisnis ini adalah barang yang kita dagangkan itu kebutuhan pokok, pangan. Secara logika tentunya makan adalah kebutuhan yang harus terpenuhi, dan akan dibutuhkan setiap hari.
       Kamu bisa jual dengan kemasan kertas minyak, dan didalemnya kasih nasi dan sayur aja (harga Rp 3000 an) atau kasih nasi + sayur + lauk (harga Rp 5000 an). Tapi yang perlu kamu hindari dari bisnis ini adalah nasi yang nggak kejual, jadi untuk mensiasati hal itu, kamu bikin sistem pre-order aja, malemnya kamu sms temen-temen siapa yang mau pesen nasi, esok harinya kamu bawain ke temen-temen.

2. Nugget
       Kali ini bukan tentang makanan pokok, tapi keunggulan dari jualan nugget adalah rasanya yang bikin ketagihan. Seringkali pas kuliah kita jadi laper karena saking capeknya pikiran, otomatis kita langsung cari sesuatu untuk ngisi perut, nah ke praktis an itulah keunggulan nugget dibandingkan nasi bungkus.
       Tapi untuk yang satu ini menurutku masyarakat butuh sample dulu, jadi di awal kamu merintis bisnis ini, bawa dulu beberapa daganganmu ke kampus dan kasih ke temen-temen mu secara gratis, baru besoknya kamu bawa untuk dijual.

3. Pulsa
       Kalo ini udah jadi bisnis sejuta umat, tapi nggak ada salahnya juga kamu ikut, karena bisnis ini kemungkinan ruginya 0% bro. Gini sistemnya, biasanya di counter-counter pulsa yang udah lumayan gede mereka melayani deposit, jadi kamu taruh sejumlah uang disana, misal 100.000, trus dari uangmu itu kamu bisa jual pulsa ke temen-temen sampai 100.000, kemungkinan dari transaksi total 100.00 ada keuntungan bersih 5.000 sampe 15.000 rupiah.

4. Jasa Sablon Kaos
       Jualan kaos relatif santai karena barangnya bisa kita contohin lewat gambar dan kita nggak usah panik ketika belum laku karena nggak ada istilah kadaluarsa untuk kaos. Kamu bisa desain kaos yang pengen kamu jual dan pasang di internet, trus kalo udah ada order baru kamu bikin kaosnya dan kamu jual dengan harga yang udah kamu tentukan.
       Kalo belum punya modal gede, kamu bisa kulakan kaos kiloan dan kamu bawa desain kamu ke tukang-tukang sablon, trus kamu mark-up beberapa persen dari biaya produksi untuk keuntungan kamu. Atau kalo udah ada modal, kamu bisa beli alat alat untuk produksi jadi kamu bisa bikin sendiri kaos daganganmu dari rumah.

       Temen-temen, itu dulu ide-ide yang aku bisa bagi ke kalian, semangat!. Jangan ragu dan jangan pernah menyerah untuk cari uang sendiri, disini aku udah setengah tahun lebih menjalankan bisnis snack yang keuntungannya lumayan bisa buat aku jajan sendiri. Jadi kalau kalian mau usaha, itu kalian sedang sama sama berusaha sama aku, Semangat! (Andito Haryo Saputro, 26/03/2015)

1 comment: Leave Your Comments

  1. kalau saya dulu jasa ketik mas, bisa tugas, laporan, dll. cm modal laptop sama print. Apapun bisnisanya yg penting kita harus pintar cari peluang.

    ReplyDelete