Perawatan burung kenari

       Sering berkicau sepanjang hari, makanan mudah dicari dan tidak mudah busuk, biaya perawatan murah. Itulah yang bikin aku suka pelihara burung kenari. Nah di artikel ini aku akan bagi tips merawat burung kenari yang udah aku jalani sendiri.

1. Pakan 
       Pakan ada beberapa macam, pertama biji-bijian. Mulai dari biji kenari, millet, niger seed adalah biji-bijian yang disukai kenari. Tapi berdasarkan pemgalamanku, nggak semua kenari suka ketiga biji ini. Untuk cari yang pas, kamu bisa sesuaikan, coba kasih salah satu biji, kalo biji itu cuma dibuang-buang aja sama kenari kamu, coba biji yang lain sampe kenarimu mau makan. Aku punya 2 kenari, yang satu maunya makan biji kenari, yang satunya maunya niger seed.
       Kenari juga suka sekali makan sawi dan jagung. bagus banget kalo kamu bisa kasih sawi setiap hari ke burung kenarimu. Sawi yang biasa aku pake kasih makan adalah sawi putih. Jagung juga boleh kamu kasihin ke kenari tanpa ada batasan, kasih aja jagung setiap hari sesuai porsi yang diabisin kenarimu.

2. Penempatan kandang
       Untuk penempatan kandang ini tergantung jam. Pas pagi sekitar jam 6-9, gantung kandang diluar rumah, kalo bisa kena sinar matahari. Tapi soal sinar ini, liat dulu kondisi burung mu, kalo pas mabung(rontok/ganti bulu) jangan gantung di luar rumah. 
       Soal digantung bareng kenari lain juga penting diperhatikan, kalo bisa jangan sampe kenari satu liat kenari lain, karena itu akan bikin dia males berkicau. Kemudian kalo antara jam 9 sampe jam 5 sore, ini lebih baik kamu gantung tetep diluar rumah, tapi di tempat yang nggak kena sinar matahari. Yang perli diperhatiin, kalo ujan. Kalo ujannya deres banget, lebih baik bawa masuk burung kenari mu ke dalem rumah. Kalo ujan Cuma gerimis, tetep gantung diluar nggak apa asal nggak kehujanan.
       Kemudian pas jam 5 lebih sampe malem sampe besoknya lagi. Untuk jam ini bawa masuk burungmu terus kalo bisa cari tempat nggantung kandang yang nggak bisa dijangkau tikus, soalnya sering terjadi kasus kenari mati karena dimakan tikus pas malem-malem. Selain itu usahakan tutup kandang pake krodong(selimut kandang burung) supaya istirahatnya nggak terganggu.

3. Mandi
       Untuk mandinya kenari, lebih baik yang natural aja, jadi aku nggak menganjurkan kalian menyemprot kenari. Kasih aja tempat minum yang agak besar atau seukuran badan burung juga boleh. Jadi nanti ketika pengen mandi dia bisa mandi sesuka dia, dan ketika nggak pengen ya cuman buat minum aja.

4. Kandang
       Mulai dari ukuran kandang, ukuran kandang ideal untuk kenari panjang=35 cm, lebar=35 cm, tinggi =55 cm. Dengan ukuran itu gerak kenari udah leluasa dan dia nyaman nggak stress. Pangkringan(kayu ranting untuk kenari bertengger) yang digunakan lebih baiknya kayu asam karena bisa dipake kenari untuk membersihkan maupung ngash paruhnya. Kalo bisa yang diameternya 1 cm aja karena kaki kenari juga kecil, dengan diameter itu genggaman ke pangkringan pas bertengger pas banget.
       Kebersihan kandang penting banget buat kenari. Mulai dari tempat kotoran kenari, pangkringan, sampe tempat makan dan minum, pokonya kalau sekiranya keliatan kotor langsung bersihin aja, karena efek kandang kotor adalah jari kaki kenari bisa iritasi dan jadi ada benjolan meradang warna merah.

5. Penyembuhan penyakit 
       Penyakit yang paling sering ada di kenari adalah kakinya iritasi atau bisulan. Indikasinya jarinya ada benjolan dan kayak mau pecah, warnanya merah. Untuk mengatasi ini tiap pagi dan sore ambil kenari mu, pegang di tangan lalu olesin salep88, atau betadine secukupnya ke daerah yang luka sampe sembuh nggak ada benjolan lagi. (Andito Haryo Saputro, 20/03/2015)

0 comments:

Post a Comment