Tips Menghindari Stress Kuliah


       Bahasan yang ini muncul karena pada pagi sampai siang harinya aku mengalami hari yang buruk di kampus. Nah supaya kalian nggak mengalami stress kuliah seperti yang aku alami hari ini, aku kasih beberapa tips. Sebagian besar buruknya hariku hari ini menurutku karena kesalahan mindset dan kurang informasi.

1. Dandan yang keren buat ke kampus
       Menurut aku dandanan adalah hal yang penting dalam kuliah. Aku sendiri lebih semangat kuliah ketika aku merasa ganteng. Aku lebih semangat buat belajar, lebih semangat buat ngomong sama temen-temen ketika aku pake pakaian yang keren coy. Jadi boleh kalian coba dateng ke kampus dengan dandanan yang bikin kalian merasa keren, siapa tau kalian jadi semangat buat kuliah. Tapi satu hal yang aku pengen kalian inget, keren boleh tapi jangan langgar aturan, soalnya menurutku kalau kerenmu itu udah melanggar aturan akan nggak nyaman. Tenang aja, pake celana non jeans, dan atasan berkancing tetep bisa keren kok guys.

2. Usahakan tau jadwal kuliah hari ini
        Rasanya aneh banget memang mahasiswa nggak tau jadwal kuliah. Tapi ini nyata buat aku coy, aku hari ini nggak tau jadwal. Alhasil aku berangkat jam pertama, padahal kuliah kelasku ada di jam ke-3. Nah karena itu, aku jadi ikut kuliah kelas lain, dan tentu kurang nyaman dong sekelas sama orang orang yang bukan temen sekelas kita biasanya. Jadi berasa kayak murid baru gitu. Kalo aku sih perasaan jadi murid baru itu adalah perasaan yang nggak aku suka, bikin aku merasa jadi orang asing, dan itu sedikit menurunkan mood ku.

3. Kalo bisa sebelum berangkat semua tugas udah selesai
        Keliatannya memang enteng kalo ngebayangin ngerjain tugas yang seharusnya dikerjain dirumah tapi dikerjain di kampus, terasa enteng karena dipikiran kita bisa pake internet kampus, tanya atatu contek jawaban temen yang pinter. Tapi kadang kenyataannya nggak sesuai pemikiran ku guys. Menurutku yang akan terjadi di kampus adalah kita nggak konsen dan Cuma ngobrol ngobrol sama temen yang sama sama belum ngerjain tugas. Jadi bukannya kita cari temen yang udah ngerjain terus kita ikut ngerjain, tapi yang biasanya terjadi adalah kita cari temen yang sama-sama belum ngerjain biar perasaan kita tenang.

4. Jangan terlalu peduli dengan apa yang terjadi di sekitar kampus 
       Nah kalau buat yang ini kaitannya sama lingkunganmu dan temen-temenmu. Contoh ada temenmu yang diajak kerjain suatu project sama salah satu dosen dan dapet duit. Mungkin dari situ kamu bakal ngerasa iri, ngerasa kalah pamor sama dia. Belum lagi ntar temenmu yang lain misal dia baru aja beli sepatu baru atau tas baru, kamu jadi tertekan. Nah itu semua bisa bikin mood mu down di kampus coy. Solusinya kamu sekedar cukup tau aja dan sibukkan sama kegiatanmu sendiri, inget kita ke kampus buat kuliah aja coy, soal pencapaian tiap orang punya bakat dan minat sendiri bro.

5. Jangan suka nahan laper di kampus
       Nih temen-temen, biasanya dosen suka ngatur jadwal senyaman dia sesuai kesibukannya. Kadang gara gara jamnya pas jam makan, kamu jadi ikut kuliah dalam keadaan laper. Waah kalo buat aku iitu nggak enak banget coy. Memang sih saran yang ini agak terkesan nakal, tapi aku berani ngomong gini karena aku juga udah ngelakuin sendiri. Misal ada kuliah pas jamnya kamu makan, saran dari aku mendingan kamu makan dulu sampe perutmu kerasa cukup, baru kuliah walaupun agak telat, kalau dosen nanya, jawab jujur aja lagi makan, jangan takut. Sholat aja kalau laper dianjurkan makan dulu biar sholatnya bisa khusyuk, masak kuliah enggak bro. (Andito Haryo Saputro, 19/03/2014)

0 comments:

Post a Comment